Pengertian Backlink

Pengertian Backlink, Backlink adalah sebuah script link yang disusun berisi alamat suatu web/blog, yang dipasangkan kedalam suatu situs tertentu. Kenapa kita harus membangun sebuah backlink? karena backlink sendiri memiliki manfaat untuk menaikkan page rank kita di dalam suatu mesin pencari seperti Google, Yahoo, Ask dll.

Jaringan internet di dunia sering disebut “the web” atau istilahnya jaring laba – laba. Jaring laba – laba ini terbentuk oleh benang – benang yang di buat oleh Sang laba2. Bila semakin besar lebar luas jaring laba – laba tersebut, maka jumlah mangsa yang akan diperoleh semakin besar.



Gambaran itulah yang bisa saya jadikan ilustrasi bagai mana system backlink bekerja di internet. Misalkan website kita kita ibaratkan jaring laba – laba. Sedangkan backlink kita asumsikan benang – benang jaring. Denagan jaringan backlink yang luas maka berbanding lurus dengan status page rank kita. Semakin luas jarinagn backlink kita maka semakin tinggi Pagerank yang kita dapatkan.
Untuk mendapatkan page rank tertentu kita membutuhkan backlink dari page rank tertentu sejumlah [ ... ] backlink. Misalkan kita ingin mendapatkan pagerank 5.
Untuk Mendapatkan pagerank 5 membutuhkan backlink dari page rank 3 sebanyak 555 backlink. Untuk Mendapatkan pagerank 5 membutuhkan backlink dari pagerank 6 sejumlah 3 backlink.

Backlink sendiri terdapat 3 jenis :
a. Backlink satu arah : dimana link yang didapat dari sebuah web atau blog sementara situs kita tidak memberikan link ke web atau blog tersebut. Misalnya Anda memberikan komentar di web atau blog lain, membuat signature di forum diskusi, backlinks dari iklan baris gratis, dan lain-lain.

b. Backlink dua arah : atau istilahnya saling ngelink, atau tukeran link. Dimana situs kita memberikan link ke situs orang lain, dan situs orang lain itupun memberi link ke situs kita.

c. atau Three Way Links, dimana links terbentuk dari tiga buah situs. Misalnya situs A memberikan link ke situs B, situs B ini memberi links ke situs C, situs C memberi link ke A. Backlink seperti ini agak sulit didapat, kecuali kita menggunakan jasa SEO atau membuat suatu ikatan antar pemilik web atau blok untuk ciptakan Links tiga arah ini.
Atau bisa saja dengan dummy blog, Anda buat 3 blog, terus ciptakan link tiga arah ini.

Dari ketiga jenis backlink di atas manakah yang terbaik ? jawabnya tentunya adalah backlink satu arah tetapi yang berkualitas. Yang saya maksud berkualitas disini adalah backlink
satu arah yang diperoleh dari web atau blog yang pageranknyatinggi dan dofollow. Yang terpenting disini adalah dofollow, kenapa? Karena link dari situs yang dofollow inilah yang dianggap oleh mesin pencari, kalau link dari situs nofollow percuma saja kita dapat sekalipun pagerank situs tersebut tinggi tetapi tidak memberikan manfaat yang berarti bagi blog kita.

Anda bisa mengecek Page rank situs anda disini http://www.diagnosticoweb.com/ atau http://www.prchecker.info/check_page_rank.php.
Unutk mengetahui backlink yang terdapat di dalam maupun yang nglink ke situs lain anda bisa menggunakan situs ini http://www.prchecker.info/check_page_rank.php