Cara Mencari Backlink Yang Baik dan Benar


Cara Mencari Backlink Baik Benar

Jika anda sedang berusaha membangun website atau blog, backlink merupakan salah satu pondasi agar web/blog tersebut menjadi kokoh. Seperti halnya cakar ayam yang kuat untuk membangun sebuah rumah, Backlink juga harus bagus untuk membangun sebuah web/blog. Lalu bagaimana mendapatkan backlink yang berkualitas untuk web/blog tersebut? berikut beberapa tips untuk mendapatkannya:

1. Tempatkan link pada website yang berpagerank tinggi. Pagerank bernilai 0 sampai dengan 9, semakin tinggi nilai pageranknya semakin baik kualitas backlink yang didapat. Jika memungkinkan dapatkan backlink dari website GOV dan EDU.

2. Jika memungkinkan dapatkan baclink dengan cara review (berupa artikel dan mencantumkan link) bukan sekedar bertukar link. Karena bertukar link dianggap hal yang kurang murni.

3. Beri komentar dan taruhlah link pada artikel website/blog yang berlabel DOFOLLOW, untuk mendapat daftar blog ber-dofollow bisa dicari di search engine. Carilah dengan keyword "Daftar blog dofollow".

4. Usahakan mencari blog dengan kategori sejenis dengan blog anda. Misalnya blog anda tentang Kesehatan jadi taruhlah link anda pada blog dengan kategori kesehatan atau artikel tentang kesehatan. Semakin relevan kategori tersebut maka akan mendapat tanggapan yang baik dimata search engine.

5. Masukkan link yang mengarah pada halaman utama blog jika blog anda masih baru dibuat. Dan anda dapat memasukkan link yang mengarah langsung pada halaman postingan jika sudah lama dibuat.

6. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel blog, jangan asal berkomentar seperti 'Terimakasih infonya'. Pemilik blog akan berpikiran bahwa anda hanya sekedar mencari backlink saja dan apabila dilakukan berulang-ulang ada kemungkinan komentar yang anda tulis tidak akan dipublish di halaman artikel mereka selamanya.

7. Usahakan jangan menggunakan software otomatis pencari backlink, adakalanya beberapa link yang anda masukkan justru akan dianggap spam oleh search engine.

8. Jangan sekali-kali menaruh link pada blog yang dianggap spam oleh search engine, karena jika anda menaruh link pada blog tersebut bisa-bisa anda juga dianggap sebagai spam.

9. Bangunlah backlink secara wajar, janganlah anda menjadi Spammer. Membangun itu butuh proses, walaupun hasilnya cepat didapat namun tergesa-gesa bukanlah pilihan tepat karena perlu kecermatan dalam mendapatkan backlink agar berkualitas.

Sembilan tips diatas sekiranya cukup dari saya mengenai backlink ini. Semoga bermanfaat dan dapat  segera dipraktekkan.